Search

Arsitek Ngapain Aja Sih?

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa profesi arsitek hanya sebatas menggambar tampilan depan rumah. Hanya mencorat-coret denah ruangan kok bisa mahal? Cuman gambar doang masa berjuta-juta sih? Buang-buang duit aja.


Eits, jangan salah! Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jasa arsitek. Berikut beberapa contoh diantaranya.


Arsitek Ngapain Aja Sih? Fungsi Arsitek dan Keuntungan Menggunakan Arsitek.
Arsitek Ngapain Aja Sih? - Salah Satu Portfolio Desain

Arsitek memikirkan kebutuhan ruang Anda


Ketika seorang Arsitek menarik garis untuk memisahkan antara ruang tamu dan kamar tidur, mereka juga memikirkan bagaimana hubungan antara kedua ruangan tersebut.


Apakah pemilik rumah lebih memilih untuk berhadapan dengan taman. Apakah pemilik rumah suka ketika ada tamu, dia bisa lihat siapa yang datang. Atau apakah pemilik rumah suka ketika bangun tidur bisa langsung lompat ke kolam renang di belakang rumah.


Selain hubungan antara ruang, arsitek juga memikirkan apa yang pemilik rumah butuhkan di dalam ruangan tersebut. Arsitek juga memikirkan apa saja furniture yang dibutuhkan dalam sebuah ruangan. Pemilihan barang sangat bergantung dengan kebiasaan sehari-hari pemilik rumah.

Ada yang suka bekerja di dalam kamar, ada juga yang memilih ruang kerja di luar kamar. Ada yang suka membaca, ada juga yang tidak ingin ada lemari di kamar. Semua pemilik rumah tentu memiliki tipe kamar idaman masing-masing, yang tidak bisa dipukul rata. Tugas arsitek adalah mencari tau apa yang kiranya dibutuhkan oleh pemilik rumah.



Arsitek memikirkan Sirkulasi udara dan penghawaan


Selain kebutuhan ruang, arsitek juga memikirkan tentang penghawaan dari sebuah bangunan. Anda tentu akan bisa merasakan perbedaan antara rumah yang menggunakan arsitek dengan yang bermodalkan tukang borongan saja.


Contoh Penempatan Vegetasi untuk Sirkulasi Udara.

Arsitek yang baik akan memikirkan bagaimana udara di dalam ruangan bisa berganti dengan udara di luar. Arsitek juga akan memikirkan posisi suhu dalam ruangan, serta kelembapan. Jadi, ruangan anda akan terasa lebih segar dan lebih nyaman pada saat dihuni nantinya.


Arsitek memikirkan tentang biaya Pembangunan


Selain dua hal di atas, yang tidak kalah pentingnya adalah, arsitek juga memikirkan tentang biaya pembangunan dan renovasi. Jika hanya menggunakan tukang borongan atau harian, kita hanya bisa mengetahui angka perkiraan dari total harga.


Tetapi pada saat kita menggunakan jasa arsitek, arsitek akan memberikan rincian harga rinci. Jadi pemilik rumah bisa mengetahui item pekerjaan apa saja yang mahal, dana mana yang murah. Dengan mengetahui rincian biaya tersebut juga nantinya pemilik rumah bisa menentukan skala prioritas, mana dulu yang akan dibangun, dan mana saja pekerjaan yang bisa ditunda.


Dengan mengetahui rincian biaya secara detail, juga nantinya pemilik rumah bisa menentukan skala prioritas, mana dulu yang akan dibangun, dan mana saja pekerjaan yang bisa ditunda.


Tentu banyak hal yang bisa dilakukan arsitek selain tiga hal penting di atas. Seperti menentukan kekuatan struktur agar bangunan bisa tahan sampai sepuluh atau dua puluh tahun ke depan. Atau menentukan instalasi listrik dan air, sehingga pada saat rumah dihuni, pemilik rumah tidak kesulitan mencari-cari saklar untuk lampu di ruangan ada dimana.


Jadi, dengan mengetahui kelebihan menggunakan jasa arsitek, sudah siapkah Anda untuk berdiskusi tentang rumah idaman Anda, sekarang?



3 views0 comments

Recent Posts

See All