Search

Tarif Jasa Arsitek 2021

ArkaArsitek.com - Bukankah jasa desain rumah menggunakan arsitek itu mahal? Berapa sih range kisaran harga jasa arsitek? Gimana caranya hitung biaya arsitek? Lalu apakah hasilnya akan setara dengan biaya yang dikeluarkan?



Perhitungan jasa arsitek di Indonesia paling umum sekali terbagi menjadi dua tipe. Sebagian arsitek mematok tarifnya berdasarkan dari persentase biaya anggaran yang akan dikeluarkan oleh owner pada saat akan membangun gedung.


Tipe kedua, arsitek akan mematok biaya berdasarkan luasan bangunan yang kemudian dikalikan dengan harga permeter persegi.



Berdasarkan Persentase Biaya Bangunan


Cara sederhana untuk mengetahui biaya jasa arsitek adalah dengan mengunjungi situs Ikatan Arsitek Indonesia. Di sana tercantum untuk range harga yang dibutuhkan kantong untuk meng-hire arsitek supaya dapat memiliki desain rumah idaman.


Berikut tabel persentase yang dikeluarkan untuk biaya desain arsitek.


Sumber: https://iai-jakarta.org/


Misalkan Anda memiliki budget untuk membangun rumah sebesar Rp300.000.000. Maka nanti pada saat Anda meminta Arka Arsitek untuk mendesainkan rumah, fee yang dikeluarkan untuk biaya desain arsitek rumah (bangunan kategori 3) adalah sebesar 8%.


Cara hitungnya yaitu dengan mengkalikan budget renovasi anda Rp300.000.000 dengan fee Arsitek 8%, maka diperoleh harga desain arsitek sebesar: Rp24.000.000.


Berdasarkan ukuran luas bangunan


Selanjutnya adalah tarif Jasa Arsitek berdasarkan luas bangunan. Tarif ini lebih banyak ditawarkan oleh jasa-jasa arsitek dibandingkan dengan persentase anggaran. Fee arsitek dihitung dengan cara mengalikan biaya jasa arsitek dengan luasan bangunan yang akan direncanakan.


Misalkan Arka Arsitek menawarkan dua opsi pilihan paket untuk harga desain rumah.


Contoh pertama untuk shop-drawing dengan harga 40 ribu per meter persegi. Dengan list kebutuhan ruang:

  1. Ruang Tamu, Ruang Makan, dan Dapur 25 meter persegi

  2. Kamar Tidur Tamu 9 meter persegi

  3. Kamar Mandi 3 meter persegi

  4. Kamar Tidur Utama 20 meter persegi

  5. Kamar Tidur Anak 9 meter persegi

  6. Kamar Tidur Orang Tua 12 meter persegi

  7. Kamar Mandi Utama 8 meter persegi

  8. Kamar Mandi Lantai Dua 3 meter persegi

  9. Desain Taman & Carport 25 meter persegi

Kalau di total luas bangunan keseluruhan adalah 114 meter persegi. Nah, total luasan ini selanjutnya dikalikan dengan harga shop-drawing Rp40.000 permeter persegi adalah Rp4,560,000.


Oh ribet juga ngitungnya, ya? Tenang saja. Nanti pada saat survey, kami yang akan membuat list dari ruang yang dibutuhkan. Jadi, anda cukup duduk manis, bercerita tentang rumah idaman yang ingin dibangun.


Contoh kedua menghitung biaya desain dengan luas bangunan adalah untuk tipe Studio, yaitu bangunan yang dirancang khusus, ikonik, tampil beda, lebih liar, dan tentunya instagramable. Arka Arsitek menawarkan dengan harga 200 ribu per meter persegi.

Misalkan dengan list kebutuhan ruang yang sama dengan yang di atas, total keseluruhan bangunan adalah 114 meter persegi. Total luasan ini selanjutnya tinggal dikalikan dengan harga Studio Rp200.000 per meter persegi. Maka diperoleh lah harga desainnya Rp22.800.000.



Pada akhirnya tarif luas dan persentase bangunan tidak jauh berbeda. Tergantung dengan jasa arsitek yang Anda pilih. Seberapa profesional, dan seberapa bagus portfolio memengaruhi harga yang ditawarkan.


Tentu level Andra Matin, Andy Rahman, atau Jeffry Angkasa akan jauh berbeda harganya dengan arsitek yang banyak bertebaran di situs jual beli online. Karena pengalaman, jam terbang, dan hasil konsep desainnya juga tidak bisa disamakan antara keduanya.


Tetapi tentu meng-hire arsitek di situs jual beli online, walaupun banyak sekali kurangnya, masih jauh lebih baik daripada tidak mempekerjakan arsitek sama sekali.

Karena dengan membiarkan arsitek mendesain rumah kita, kita akan merasakan program ruang yang lebih tertata, sirkulasi udara yang tidak sumpek, ruangan yang tidak lembab, dan masih banyak keluhan lain yang bisa teratasi dengan desain dari arsitek.


Jadi, dengan mengetahui biaya desain arsitek, sudah siapkah Anda untuk berdiskusi tentang rumah idaman, sekarang?


16 views0 comments

Recent Posts

See All